lagu untuk ibu

Pria bernama asli Marshall Bruce Mathers III ini memang sering membikin lirik tentang kehidupan sehari-hari. Seperti lagu Cleanin’ Out My Closet yang mempersoalkan rasa frustrasi dan tersia-sia ketika kecil akibat perpisahan dan kebiasaan orangtua mengkonsumsi obat bius. Juga kurang kasih sayang dari ayah nya yang meninggalkan “mereka” sejak EM masih bayi. Cara mendidik ibu nya yang keras dan brutal membuat EM menyimpan rasa benci didalam hatinya.

Ini juga bukan pertama kalinya Eminem tersandung. Ia pernah digugat Debbie Mathers, yang kemudian memenangkan ganti rugi Rp 90 miliar karena berang anaknya menikmati aktivitas merokok bagaikan doping, melebihi dirinya sendiri, akibat tersihir lirik Eminem.

“koran tempo”

8 mile rap battles

Bagian film eminem yang berjudul 8mile, yang menceritakan perjalanan karir bermusiknya yang dimulai dari nol. Battle memang sudah jadi sebuah prosedur untuk mempertunjukkan dan mengasah skill nge-Rap mereka. Memang kata-kata dalam battle rap terlalu kasar dan tidak ada batasan untuk pemilihan kata yang pantas atau tidak,yang menjadi batasan adalah pemilihan kata yang mempunyai rima dan komposisi yang dapat membuat lawan battlenya tersudut.

Orang-orang dari Detroit tahu 8 Mile sebagai batas kota,  perbatasan. Ini juga merupakan garis pemisah psikologis yang memisahkan Jimmy Smith Jr  (Eminem) dari mana dan siapa dia ingin menjadi. 8 Mile adalah fiktif provokatif pemeriksaan minggu kritis dalam hidup Jimmy, dibintangi oleh multi-platinum artis rekaman Eminem di peran utama pertamanya dalam sebuah film, bersama dengan Kim Basinger (LA Confidential) sebagai ibu Jimmy, Mekhi Phifer (O, Shaft ), Brittany Murphy (Don’t Say A Word) dan Eugene Byrd (Dead Man).

Mungkin yang menjadi pertimbangan mereka adalah film ini menceritakan perjalanan hidup sang “marshall”, battle rap di sebuah komunitas rap yang juga dijalani oleh EM. Karena terlalu banyak battle yang dileweti EM, jadi hanya dimasukkan beberapa scene saja saat dia battle dan hanya untuk menjadi bagian pelengkap dari cerita perjalanan hidupnya yang akan di filmkan.