the real slim shady

“The Real Slim Shady” adalah sebuah lagu yang mendapat penghargaan Grammy, lagu hiphop yang ditulis oleh Eminem untuk album kedua The Marshal Mathers LP (2000). Itu dirilis sebagai lead single seminggu sebelum rilis album. Lagu itu kemudian dirilis pada tahun 2005 tentang Eminem Biggest Hits album Curtain Call

“The Real Slim Shady” adalah lagu pertama Eminem untuk mencapai nomor satu di UK Single Chart dan juga memuncak di nomor empat di Billboard Hot 100, memberinya hit terbesarnya hingga saat itu. Lagu adalah 11 terlaris tahun 2000 di Inggris. It memenangkan beberapa penghargaan, termasuk MTV Video Music Award untuk Best Video dan Best Male Video,  serta sebuah Grammy Award untuk Best Rap Solo Performance.

“The Real Slim Shady” tidak dimasukkan pada salinan asli dari The Marshal Mathers LP, sebelum rilis. Ketua Interscoop Records Jimmy Lovings ingin Eminem untuk memiliki sebuah lagu untuk memperkenalkan album, mirip dengan cara “My Name Is” adalah yang single pertama pada The Slim Shady LP. Eminem menulis “The Real Slim Shady” hanya beberapa jam sebelum salinan akhir album tersebut jatuh tempo. Single pertama ini dimaksudkan untuk menjadi “Who Knew.”

Lagu ini adalah kritik pada produksi lagu-lagu pop yang sedang bergolak keluar pada saat itu. Itu adalah hit single, menjadi bagan pertama Eminem puncak di beberapa negara, dan mengumpulkan banyak perhatian untuk menghina berbagai selebriti :

Aktris Pamela Anderson dugaan penyalahgunaan Pam di tangan mantan suaminya, rocker Tommy Lee (Jaws all on the floor like Pam, like Tommy/just burst in the door and started whoopin’ her ass worse than before).

Komedian Tom Green ‘s humping dari rusa mati di TV, dan lagu “Lonely Swedish.” (Sometimes, I wanna get on TV and just let loose, but can’t/but it’s cool for Tom Green to hump a dead moose.)

Eminem juga mengkritik Britney spears (You think I give a damn about a Grammy?/Half of you critics can’t even stomach me, let alone stand me/”But Slim, what if you win, wouldn’t it be weird?”/Why? So you guys could just lie to get me here?/So you can sit me here, next to Britney Spears?)

Christina Aguilera marah karena diklaim bahwa dia melakukan oral seks pada Carson Daly seorang VJ MTV, dan Fred Durst dari band Limp Bizkit (Shit, Christina Aguilera, better switch me chairs/so I can sit next to Carson Daly and Fred Durst/and hear ’em argue over who she gave head to first.)

Dia juga membuat lelucon dari boy band NSYNC ketika ia muncul dan menari dalam video, dengan “kelompok.” (I’m sick of you, little girl and boy groups, all you do is annoy me/so I have been sent here to destroy you.)

Pada reff adalah tentang perubahan mode yang tiba-tiba yang terjadi oleh keberhasilan Eminem : “I’m Slim Shady, yes I’m the real Shady/All you other Slim Shadys are just imitating/So won’t the real Slim Shady please stand up, please stand up, please stand up?” Reff tersebut mengkopi dari slogan acara kuis To Tell The Truth: “Will the real ______ please stand up?”

“The Real Slim Shady” ini sangat berhasil di MTV VIDEO MUSIC AWARD 2000 dan memenangkan penghargaan untukVideo of The Year dan Best Male Video,  serta menjadi nominasi untuk Best Rap Video, Best Diretion, Best Editing dan Viewer’s Choice. Lagu itu juga dilakukan oleh Eminem di acara dengan tampilan-a-menyukai dirinya, seperti dalam video. “The Real Slim Shady” juga memenangkan di 43 Grammy Awards untuk Best Rap Solo Performance.

-wikipedia-

mocking bird

Dalam video ini terlihat gambar-gambar yang diambil adalah dokumentasi dari video-video masalalunya bersama keluarganya,gambar saat bersama anak-anaknya, istrinya. K arena isi lagu ini menceritakan tentang lagi-lagi jalan hidup yang EM lewati, bagaimana saat-saat keterpurukannya, ia tidak bisa membelikan sesuatu untuk anaknya saat natal, bagaimana EM sangat sibuk meniti karirnya sehingga istrinya merasa keluarga kurang diperhatikan. Berat memang untuk menjadi seorang “Slim Shady” saat ini. Alur gambar serasi dengan alur ceritanya, karena diambil dari video dokumentasi keluarganya.

my name is

“My Name Is” adalah lagu Eminem, dirilis pada tahun 1999. Ini adalah debut komersial dan single kedua dari album debut major label, The Slim Shady LP, juga dirilis tahun itu. Lagu ini adalah yang mendorong dia (dalam debut album) hingga singel arus utama, dan membantu mendirikan gaya mengetuk, yang menyebabkan lebih lanjut keberhasilan topping peringkat tangga lagu-tahun berikutnya. Karena eksposur yang tersebar luas, ini menjadi lagu rap pertama anugerah tempat teratas pada Total Request Live, yang dipertahankan sampai akhirnya pensiun setelah 30 hari berturut-turut itu menjadi nomor satu.

Seorang anggota dari AlbinoBlackSheep memposting sebuah video spekulasi dimana Eminem backmasked (teknik rekaman di mana suara atau pesan yang direkam ke belakang ke trek yang dimaksudkan untuk dapat bermain ke depan. Backmasking adalah proses yang disengaja, sedangkan pesan yang ditemukan melalui pembalikan fonetik mungkin tidak disengaja.) jawaban atas kata-kata “My Name Is” dalam kalimat : “when played backwards, it sounds close to “[it’]s Eminem,” while the actual answer, “Slim Shady,” when played backwards resembles the words “it is Slim.”

-translate from wikipedia-

The Way I am

Dalam membuat lirik mempunyai basic yang terbagi dalam 3 kategori induk yang diambil dari slogan Delta Force, yaitu Fly, Fight, Forget. Fly dikhususkan pada tulisan-tulisan yang paling tidak berhubungan dengan kehidupan nyata, mungkin berupa cerita fiktif, jokes, atau bentuk lainnya yang merupakan angan-angan semata. Sementara Fight lebih difokuskan pada tulisan-tulisan yang lebih mengarah ke realita kehidupan sekitar atau kritik sosial. Sedangkan Forget lebih ditekankan pada tulisan-tulisan yang tidak perlu untuk dipikir terlalu dalam, berisi cerita dan komentar terhadap kehidupan yang telah dijalani, juga kenangan untuk masa depan.

Dan dalam lagu ini termasuk dalam bagian Fight, karena merupakan realita kehidupan yang dialami Eminem dengan ketenarannya. Bagaimana ia stress dengan fans sehingga ia tidak bisa bebas duduk tenang dan makan bersama diluar rumah bersama keluarganya, ia merasa terkutuk saat ia lahir kedunia (dalam arti kehidupan yang sangat sulit dan berantakan). Dan meburut saya, lagu / video ini dan hampir semua karyanya bagus.

-wordpress-

Forgot About Dre

Dr.Dre adalah salah satu orang yang menjadi partner eminem dalam menanjak karir. Dalam musik video ini sebuah baris eksplisit dalam lirik Eminem digantikan dengan sebuah drama komedi yang sedang menjawab pertanyaan wartawan Eminem Jane. The Yamamoto lagu dianggap sebagai tanggapan terhadap disses dibuat oleh seniman di Death Row dalam Suge Knight Represent : chronic 2ooo. Sebuah kompilasi yang dirilis oleh Suge Knight yang mengambil judul asli untuk album Dre. Pada akhir “Forgot About Dre” music video ada penggoda kecil tempat melakukan Hit bait pertama dari lagu “Last Dayz”

“Forgot About Dre” memenangkan Grammy Award dari single Dr. Dre’s 2001, menampilkan Eminem, mencapai # 25 di Billboard Hot 100, # 14 on the US R & B bagan, dan # 7 di UK Singles Chart. Seperti album’s lead single “Still D.R.E,” lagu ini ditujukan Dre’s untuk mengkritik dengan cara yang menantang, seperti Dre mengumumkan kembali ke scene hip-hop dan mengingatkan pendengar dari pengaruh signifikan pada genre.

“wikipedia

Eminem – Haileys Song

Lagu Haileys Song ini dibuat untuk anak kesayanganny Hailey. Anak dari pernikahannya dengan Kimberly Ann “Kim” Scoot. Lagu tentang semangat karena anak tercintanya Hailey. Kepenatan hari-hari kehidupan sebagai rapper hilang bila bersama hailey. Dari lagu ini terlihat bahwa lirik yang di buat berdasarkan cerita jalan hidupnya, bagaimana ia sangat senang anaknya kembali setelah terpisah. Dan Hailey adalah semangat hidupnya, ter lihat dari potongan lirik ini : Sometimes i think there’s nothing to live for, I almost break down and cry, Sometimes i think i’m crazy, I’m crazy, oh so crazy!, Why am i here? am i just wastin’ my time?, But then i see my baby, Suddenly i’m not crazy!,It all makes sense when i look into her eyes…

lirik :

“Yo

I can’t sing
I feel like singing
I wannna fuckin’ sing
Cuz i’m happy
Yea’ i’m happy
He He
I got my baby back
Yo, check it out�?

Some days i sit, starin’ out the window
Watchin’ this world pass me by
Sometimes i think there’s nothing to live for
I almost break down and cry
Sometimes i think i’m crazy
I’m crazy, oh so crazy!
Why am i here? am i just wastin’ my time?
But then i see my baby
Suddenly i’m not crazy!
It all makes sense when i look into her eyes (oh no)

Sometimes it feels like the world’s on my shoulders
Everyone’s leaning on me
Cus sometimes it feels like the world’s almost over
But then she comes back to me

My baby girl keeps gettin’ older
I watch her grow up with pride
People make jokes,
cus they don’t understand me
They just don’t see my real side
I act like shit don’t phase me,
Inside it drives me crazy!
My insecurities could eat me alive
But then i see my baby
Suddenly i’m not crazy!
It all makes sense when i look into her eyes (oh no)

Sometimes it feels like the world’s on my shoulders
Everyone’s leaning on me
Cus sometimes it feels like the world’s almost over
But then she come back to me

Yeh and if i could sing,
i’d keep singing this song to my daughter
If i could hit the notes,
i’d blow something as long as my father
To show her how i feel about her,
how proud i am that i got her
God, im a daddy, im so glad that her mom didn’t want her
Now you prob’ly get this picture from my public persona
That i’m a pistol-packing drug-addict who bags on his momma,
But i wanna just take this time out to be perfectly honest
Cus there’s a lot of shit i keep bottled that hurts deep inside of my soul,
And just know that i grow colder the older i grow
This boulder on my shoulder gets heavy and harder to hold
And this load is like the weight of the world
And i think my neck is breaking
should i just give up or try to live up to these expectations?

now look,
I love my daughter more than life in itself,
But i got a wife who’s determined to make my life livin’ hell
But i handle it well, given the circumstances i’m dealt
So many chances, man, it’s too bad, coulda had someone else
But the years that i’ve wasted is nothing to the tears that ive tasted
So here’s what im facin: 3 felonies, 6 years of probation
I’ve went to jail for this woman, i’ve been to bat for this woman
I’ve taken bats to peoples’ backs bent over backwards for this woman
Man, i shoulda seen it comin, why’d i stick my penis up it?
Wouldn’t have ripped the pre-nup up if i’da seen what she was fuckin’
But fuck it, it’s over, there’s no more reason to cry no more
I got my baby, baby the only lady that i adore, hailey
So sayonara try tomorra, nice to know ya
our baby’s travelled back to the arms of her rightful owner
And suddenly it seems that my shoulder blades have just shifted
Its like the greatest gift you can get
The weight has been lifted

Now it don’t feel like the world’s on my shoulders
Everyone’s leaning on me
Cos My baby knows that her daddy’s a soldier
Nothing can take her from me

Woo!
I told you, i can’t sing.
Oh well, i tried
Hailie, remember when i said
If you ever need anything, daddy will be right there?
Well guess what, daddy’s here.
And i ain’t goin nowhere baby
I love you (kiss)”

lirik_google

eminem feat elton john

Duet antara rapper kontroversi dengan legenda Elton John di acara megah Grammy Award, menyanyikan lagu “Stan”. Walaupun setting panggung yang sederhana dan tidak glamor, mereka tetap memukau para artis dan setiap orang yang melihatnya. Menyatukan dua background musik yang berbeda sangat menarik, Elton dengan suaranya yang khas dan Eminem dengan skill rap nya yang dahsyat menjadikan video live konsar ini sangat-sangat bagus sekali dan mendapat rating 5 bintang di youtube pada video ini.

lagu untuk ibu

Pria bernama asli Marshall Bruce Mathers III ini memang sering membikin lirik tentang kehidupan sehari-hari. Seperti lagu Cleanin’ Out My Closet yang mempersoalkan rasa frustrasi dan tersia-sia ketika kecil akibat perpisahan dan kebiasaan orangtua mengkonsumsi obat bius. Juga kurang kasih sayang dari ayah nya yang meninggalkan “mereka” sejak EM masih bayi. Cara mendidik ibu nya yang keras dan brutal membuat EM menyimpan rasa benci didalam hatinya.

Ini juga bukan pertama kalinya Eminem tersandung. Ia pernah digugat Debbie Mathers, yang kemudian memenangkan ganti rugi Rp 90 miliar karena berang anaknya menikmati aktivitas merokok bagaikan doping, melebihi dirinya sendiri, akibat tersihir lirik Eminem.

“koran tempo”

8 mile rap battles

Bagian film eminem yang berjudul 8mile, yang menceritakan perjalanan karir bermusiknya yang dimulai dari nol. Battle memang sudah jadi sebuah prosedur untuk mempertunjukkan dan mengasah skill nge-Rap mereka. Memang kata-kata dalam battle rap terlalu kasar dan tidak ada batasan untuk pemilihan kata yang pantas atau tidak,yang menjadi batasan adalah pemilihan kata yang mempunyai rima dan komposisi yang dapat membuat lawan battlenya tersudut.

Orang-orang dari Detroit tahu 8 Mile sebagai batas kota,  perbatasan. Ini juga merupakan garis pemisah psikologis yang memisahkan Jimmy Smith Jr  (Eminem) dari mana dan siapa dia ingin menjadi. 8 Mile adalah fiktif provokatif pemeriksaan minggu kritis dalam hidup Jimmy, dibintangi oleh multi-platinum artis rekaman Eminem di peran utama pertamanya dalam sebuah film, bersama dengan Kim Basinger (LA Confidential) sebagai ibu Jimmy, Mekhi Phifer (O, Shaft ), Brittany Murphy (Don’t Say A Word) dan Eugene Byrd (Dead Man).

Mungkin yang menjadi pertimbangan mereka adalah film ini menceritakan perjalanan hidup sang “marshall”, battle rap di sebuah komunitas rap yang juga dijalani oleh EM. Karena terlalu banyak battle yang dileweti EM, jadi hanya dimasukkan beberapa scene saja saat dia battle dan hanya untuk menjadi bagian pelengkap dari cerita perjalanan hidupnya yang akan di filmkan.

video 3am

Di lagu ”3 a.m” ini Eminem berkhayal menjadi pembunuh. Ia membunuh beberapa orang dan salah satunya adalah sepupunya sendiri. Adegan-adegannya sangat bagus sekali, terlihat eminem pandai berakting di depan kamera. Juga ekspresi eminem sangat menghayati apa yang menjadi isi dari lagu ini. Angle-angle yang diambil bervariatif, efek-efek yang digunakan untuk mendapatkan unsur dramatis pun sangat bagus, gambar-gambarnya berurutan sesuai dengan isi lagunya. Komposisi yang begitu hebat menjadikan video ini terlihat sempurna.